08.49

Tips Mengisi Bensin

Posted By eXe's Blog Niii!


Harga bensin yang semakin naik hingga sekarang menyentuh harga 6000 memang tidak dapat ditolak. Tetapi, kita sebagai makhluk tuhan paling seksi, eh, makhluk tuhan yang berakal harus pandai - pandai menyikapi semuanya. Oleh karena itu saya repost dari sebuah tips yang mudah-mudahan dapat berguna dunia akhirat. Amiiiiieen..






Berikut inilah tips-tips ajaib tersebut :
1. Isilah Bensin Di Pagi Hari

Saat suhu permukaan tanah masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat, sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan memuai. Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenernya.

Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya. Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.

2. Saat mengisi bensin, Jangan Mengatur Bukaan NOZZLE jadi FAST MODE

ini penting karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service. Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang ngisinya supaya setting ke slow mode (bisa nggak ya?).
The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.
Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.
Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu. Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap.

3. Isi bensin Saat Tangki masih berisi Setengah (Half-Full)

semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki.

Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?

mungkin gini:
kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.

4. Saat POM Bensin Sedang Di isi Jangan Mengisi
Bensin

Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.


sumber: jokerinlander


1 comment(s):

Antique L mengatakan...

Eky...
Hebat ya!
Bisa juga kan nulis postingan niyh...
Oya, kenapa tulisan VOLUME-nya pake huruf besar semua?
Dan ada suhu-suhu itu.
Benar-benar anak Fisika...
Jangan LUPA YA KUNJUNGI BLOG AKU!!
AWAS KALO ENGGAK!!!

Liputan6 - Berita Aktual